Drama paskah : Ingat kasihNya

SCENE 1

Suasana pagi hari semuanya habis sarapan , papa mau ke kantor, mama mau ke toko, dan Adi mau berangkat ke sekolah
Mama : ( sambil ngaca dan nyisir ) “ wah, telat nih… Bik Inem tas saya mana yang warna biru ? oh ya, Pa ? Mama pulang maleman ya ada arisan ….. Adi ? Hari ini kamu les kan ? piano sama mandarin, kamu diantar Pa Imin aja ya , jangan bolos lho, yuk mama pergi dulu…. Bik Inem jangan lupa sediain makanan buat Adi nanti malam, mama makan diluar…. “ ( mama pergi )
Papa : ( sambil benerin dasi ) “ Papa juga ada rapat sampai malam hari ini, kamu urus sendiri ya, Di, papa percaya kamu anak baik kok,…. Bik Inem jaga Adi ya …!!”
Inem : ( pakai lap di pundak ) sibuk ngambilin barang barang buat tuan dan nyonyah “ Iya tuan…… Arrrrggghhhhhh !!!!!!! Astaganaga !!!!”
Papa kaget, Adi kaget “ kenapa bik ? “ Tanya mereka bersamaan
Inem : ( lari lari ) “ Gosongggg !!!! Gosongggg !!!! Aduh aduhhhhh pisang goreng jadi tutung deeehhhh…..”
Papa : “ Ya ampun, Bibik ! Bikin kaget aja ! Ya udah, papa pergi dulu ya….”
Adi cemberut, sambil siap siap mau pergi sekolah, pakai sepatu bawa tas : “ Tuh kan, mereka selalu begitu, ga pernah anter Adi sekolah… sibuk mlulu…”
Inem : “ Eh, ka nada bibik Inem yang selalu setia, dan tekun, cantik lagi…”
Adi : “ Jaka sembung bawa sapi…. Ga nyambung , bik !”
Adi pergi ke sekolah… dung durung dung tek…. Tek

SCENE 2

Masuklah Iblis dan malaikat
Karakter Iblis  tidak pernah diam, selalu loncat loncat, goyang goyang , putar putar sepanjang penampilannya sambil bawa tombak Neptunus…..
Karakter Malaikat  Lemah gemulai dan setiap selesai bicara bergaya bagai puteri yang memberi hormat
Iblis : “ Yuhuiiiii !!!!! Yihaaaaa !!!!! Hei semuanya… aku ini si Iblis , aku senang dengan anak anak nakalllllll ….. T-O-P BE GE TE ! Ada korban neeeehhhh… ( sambil nunjuk Adi )
Angel : “ Selamat pagi anak anak… kalau aku sih senang dengan anak anak yang baik, yang cinta Tuhan…….. eh, Blis… Blis ! senang amat kamu hari ini ? Ada apa sih ?”
Iblis : Iiiih… heran… ga suka ya liat iblis senang ? eh Kat.. kat, liat tuh anak yang tadi, Adi namanya, papa mamanya selalu sibuk, sang papa kerja di kantor dari pagi sampai malem, sedangkan mamanya sibuk di toko itu tuh jualan baju di BTC belum lagi kalau ada arisan segala…. “
Angel : trus kamu mau apa ? Adi kan anak baik, rajin sekolah minggu, di sekolah juga nilainya selalu bagus….”
Iblis : “ Masa ? denger denger Adi suka marah marah ga pernah ditemenin mama papanya, .. dia merasa kesepan… liat aja deehhh….”

SCENE 3

Pulang sekolah Adi berjalan bersama teman temannya, saat itu teman temannya rama membicarakan tentang PS / RO ( pakailah dialog dialog istilah RO/ PS ) semuanya manggul tas sekolah ya….
Adi : “ kalian bicarain apa sih ?”
Doni : “ PS….” ( sambil asyik lagi ngobrol sama yang lain )
Adi : “ RO itu apa sih ?”
Miki : “ Aduh.. masa sih kamu gat au ? kesian deh lu ( pake gerakan jari )… gini deh, kita sekarang mau maen ke rental, mau ikut ga ?”
( Iblis dan malaikat masuk, iblis mengangguk anggukkan kepala, malaikat menggeleng geleng )
Adi bingung
Doni : “ Di rumah kamu juga ga ada siapa siapa kan ?”
Adi : “ Iya sih… tapi aku ada les piano dan mandarin hari ini…”
Miki : “ Ah, les kan bisa lain kali, lagian ga tiap hari kita main, mau diajari tidak ?”
Adi : ( mikir sebentar ) “ oke deh aku ikut….”
( Iblis jingkrak jigkrat senang… malaikat diam saja )
Iblis : “ Eh kat… liat tuh… betul kan ? Adi kesepian kalau dirumah… jadi diajak main juga mau saja…”
Angel : “ Emang mereka mau main apaan sih ?”
( Adi dan teman teman sampai di tempat main RO/PS… kalau bisa ada peralatannya, jadi diperagakan main RO/PS )
( Adi keasyikan main teruss…”
Angel : “ Blis ? kok mainnya lama amat ? udah 2 jam nih, kapan Adi bikin PR nya ?”
Iblis : “ Bentar lagi beres….”
( Nggak lama Adi pulang setelah membayar )

SCENE 4

Di rumah, Adi pulang kecapean… langsung duduk di kursi
Inem : “ Adi…. Mandi dulu…. Kok baru pulang sih ? biasanya cepet… tuh Bik Inem udah nyediain sayur kesukaan Adi…..”
Adi : “ Aduh capek bik….. masak apa sih ?”
Inem : “ JENGKOLLLLLL “
Adi : “ Hah ? Jengkol ???? Asyiiiiiikkkkk…” ( gerakan yes yes yes )
( Adi mandi dan makan, tapi baru saja mulai membuka buku pelajaran sekolah malah ketiduran, akhirnya Adi ga sempet belajar )

SCENE 5

( tanpa dialog )
Peragaan Adi main RO/PS lagi bersama teman temannya sampai menghabiskan seluruh uang jajannya
Iblis jingkrak jingkrak

SCENE 6

Iblis : “ nah, Kat, lihat Adi sudah kecanduan main, setiap hari pulang sekolah sampai sore main terus, sampai lupa bikin PR, ulangan nilainya jelek, bolos les pula, bahkan kadang uang les pun dia pakai untuk main….”
Angel : “ Aduh jangan gitu dong, Blis…. Dia kan anak baik, tapi dia masih punya teman teman yang baik kok di Sekolah Minggu…”

( Adi disudut yang satu baru bangun tidur… sedangkan Evan disudut lain mereka peragakan telpon telponan ) KRIIIINNGGGGGG
Evan : “ Di ? sekolah minggu kan ? Evan jemput ya ?”
Adi : ( menguap ) “ Oaahhhhemmmm…. Aduh Van, sori, aku capek banget, badanku pegel pegel nih, minggu depan aja ya ?”
Evan : “ Kenapa Di ? kamu sakit ? biasanya kamu rajin ,,,”
Adi : “ Iya nih, ga enak badan….” ( mulai berbohong )
Iblis : “ Tuh kan… Adi juga jadi males sekolah minggu karena kecapean dan hari itu dia juga ada janji mau main lagi sama teman temannya….”

SCENE 7

Pulang sekolah
Doni : “ Di, biasa kan ? kita tanding lagi …”
Adi : “ Tapi aku udah ga punya uang lagi, Don, uang les kemaren pun udah aku pakai, uang jajan sudah habis…”
Miki : “ Minta saja sama papa mama kamu…”
Adi : “ wah bisa dimarahi, aku kan udah dikasih uang jajan, ga mungkin habis begitu saja, pasti mereka Tanya buat apa…”
Doni : “ sini aku bisiki….”
( Doni membisikkan sesuatu pada Adi… tampang Adi kaget, Doni dan Miki pergi meninggalkan Adi yang bengong )

SCENE 8

Mama baru pulang dari toko, menyimpan dompet begitu saja diatas meja, sedangkan Adi sedang membuat PR
Mama : “ Bik Inem… air hangat sudah siap ? mama mau mandi….”
Inem : “ sudah nyonyahhh…”
( Adi memandangi mamanya masuk ke kamar mandi, lalu dipandangi dompet mamanya yang ada di atas meja )
( Iblis dan malaikat masuk, bergerak di belakang Adi )
Iblis : “ Ambil aja Di, ga ada yang liat, Adi kan bisa tanding lagi RO/PS “
Angel : “ Jangan, Di… dosa lho… mama ga liat, tapi Tuhan lihat, dan Tuhan sedih lihat anak mencuri “
( Gerakan Iblis angguk angguk, Malaikat geleng geleng )
( Peragakan Adi mencuri )

SCENE 9

Di satu sudut Adi asyik sekali bermain, dia punya banyak uang sekarang, teman temannya juga bersenang senang… tapi ketika hari sudah malam Adi tidak mau diajak pulang, walaupun dipaksa, Adi malah marah marah
Adi :” kalian aja yang pulang ! aku masih mau main !”
Doni :” udah malam, Di ! Lihat jam sembilan ! kamu belum makan, lagian orang tua kamu nanti nyariin, besok ada ulangan lagi…”
Adi : “ tanggung nih, kalian kan udah maju duluan , aku seminggu gak main, udah kalau mau pulang yah pulang saja ! Nanti aku pulang sendiri !!”
( Doni dan Miki pulang, Adi terus bermain )
Iblis : “ Kat, liat si Adi, dia main tidak puas puas sampai tidak mau pulang… cihuyyyyy !!! Adi kena !! Adi kena !!! tereng teng teng… tereng teng teng…. Aku seorang kapiten (??? ) “
( Malaikat melihat dengan sedih )
( Adegan Adi ga berani pulang… sedangkan disudut lain pantomime papa dan mama Adi lagi bingung kenapa uang di dompet bisa hilang, lagian mereka gelisah kenapa Adi belum pulang pulang…)
Iblis : “ Nah, setelah mencuri uang mamanya buat main, Adi ga berani pulang deh, udah dua hari Adi keluyuran, sekarang uangnya sudah habis, bingung deh dia… hi…hi…hi…”
( Adegan Adi kebingungan, lapar tapi ga punya uang lagi, dia berjalan letih tidak sadar sampai di depan rumahnya, Adi tertidur….)

SCENE 10

Di saat Adi tertidur, dia bermimpi ( pake multimedia gitu ? ) , lampu disisi Adi tertidur digelapin tapi Adi kemudian berdiri di depan layar pura pura sedang bermimpi dalam satu adegan
Sewaktu orang orang bilang “salibkan Dia ! salibkan Dia ! “
Adi teriak “ jangan salib Yesus…. !! jangan salibkan Yesus !!!! Adi yang berdosa “ Jangan salibkan Tuhan Yesus, Adi yang berdosa… Adi udah curi yang mama, Adi main kabur dari rumah, papa dan mama pasti sedih… Tuhan Yesus… Adi menyesal, Adi menyesal, ampuni Adi Tuhan, Adi mau minta maaf…..”
 masuk malaikat diiringi lagu “ Ingat KasihNya “ sambil memeluk Adi, lampu layar dimatikan… Malaikat pergi…. Lampu kembali dinyalakan seluruhnya
( Bunyi ayam kongkorongok…/ kukuruyuk..hi..hi… )
Pas Bik Inem buka pintu pager “ Euleuhh euleuhhhhh…. Adi ???? Tuan ! Nyonyah ! geuningan Adi ada disini ???? Tadi dikira Bik Inem the ada kucing besar minta ikan asin lagi !!! Nyahhhh! Tuan !!! “
( saking kencengnya teriakan Bik Inem, Adi terloncat bangun kaget sambil celingak celinguk )
mama dan papa lari lari keluar rumah, mereka kaget lihat Adi ada disitu, langsung Adi dipeluk ramai ramai,
Adi : ( nangis ) Ma… Adi minta maaf udah curi uang mama, Adi menyesal, ma… pa…. Adi ga akan berbuat seperti itu lagi, Adi mau jadi anak yang baik buat Tuhan, mama, papa dan semua orang…”
Mama : Adi… Adi…. Mama khawatir kamu ga pulang pulang, jangan ulangi lagi hal seperti itu ya Di, yang penting Adi udah minta maaf sama Tuhan juga, besok minggu Adi pergi ke Sekolah Minggu ya ? udah dua minggu ini kamu bolos kan ?”
Adi mengangguk
( giliran iblis yang beget, sambil gigit gigit tongkatnya, menyentak nyentak kaki seperti anak kecil yang merasa kalah, giliran malaikat berputar putar menari disekitar Iblis dengan wajah penuh kemenangan… tralalala…. Trililillll kumenang kumenang bersama Yesus Tuhan….. )

SCENE 11

Guru Sekolah Minggu Adi di depan bersama teman teman SM menyambut Adi yang kembali ke Sekolah Minggu, Adi datang diantar oleh papa mamanya…. Adi duduk diantara teman temannya…

45 Tanggapan

  1. kakak..kebetulan saya ad acara paskah n dminta menampilkan drama..saya ijin copas y yg ini..tq bfore..keep posting ya..^^

  2. sip, pakai saja kak…. emang sengaja ditampilin buat jadi berkat…. saya juga lagi cari cari naskah lain nih, tercecer dimana mana hehe… thanks ya kak, smoga sukses

  3. pagi sobat… minta ijin nih untuk copas naskah dramanya. Thanks ya…

  4. aq jga ambil nie bwt paskah sklh.. thx yaa… Tuhan Yesus Memberkati:)

  5. monggo….. silahken… terbuka buat sapa aja… thanks a lot… GBU juga, semoga sukses….

  6. ijin ijin…. tentu diijinkan…. sobat, thanks a lot juga yahhh

  7. Terima kasih untuk sharenya, saya minta ijin juga untuk memerankan naskahnya. GBU

  8. Good Luck juga, tentu saja diijinkan, GBU

  9. makasih ya, drama paskahnya boleh juga itu umtuk pelayanan, Tuhan memberkati…..

  10. bolah saya gunakam untuk acara paskah tahun ini y…tq b4

  11. siap jadi berkat, amin… pakai saja kak, silahkan, GBU

  12. minta ijin utk copy naskahnya utk drama paskah.
    tq utk sebelumnya. gbu

  13. ijin copy kak…

  14. ijiiiinnnnn….monggoooooo

  15. sry nih yaa.. saya copass buat drama paskah, untung dpet, idenya bagus banget nih.. saya suka

  16. makasih yaaaaa……. semoga jadi berkat buat di gerejamu….. GBU2

  17. Gusti agung putra sulaksana

    drama na keren,,,cocok untuk suasana jaman skarang,,,
    gak ngebosenin kalo diliat dari naskahnya……..

  18. kk ku pinjam ya drama ini, boleh yaaaa GBU

  19. boleh banget….. biar jadi berkat, GBU

  20. Kak,minta ijin copy,ya….terimakasih buat idenya. Tuhan Memberkati. ^_^

  21. sama sama…. tentu saja di ijinkan… GBU juga

  22. kak,in mnginspirasi bngt.. pnjem IDE na yaa kak.. GBU allways.. ^^

  23. kak<sngat memberkati nh crita drama na.. saya ambil ide" na buat paskah yaa.. thx bfore.. GBU.. ^^

  24. sippppp…. GBU juga…..

  25. aku pinjam untuk drama sekolah ya

  26. boleh, smoga jadi berkat, GBU

  27. tanding lagi RO/PS **Rental Online/ Play Station maksud dai RO/PS????

  28. madh mlm… qu suka… naskah dramanya.. qu boleh copy naskahnya gag??

  29. Halo, Oldwin,
    sori baru bisa buka blog hari ini, thanks ya udah kasih comment
    soal RO/PS, kalo di kami RO itu istilah buat Ragnarok ( permainan online ), dan PS itu Play Station, biasanya anak2 sering bicara soal itu, saya nggak tau kalau di daerah kamu, mungkin disesuaikan aja dengan situasi sekarang yang sedang ngetrend
    karena saya buat naskah drama nya sekitar 5 atau 6 tahun lalu.
    thanks ya, GBU

  30. tentu boleh dooonnkkkk… GBU

  31. dramany bagus lh aq pk untk paskaj bsk ajj

  32. thanks ya, GBU

  33. me too ya Friend mau bagi naskah dramanya u jadi berkat bagi anak2 SM ni. Jesus bless you

  34. Jesus bless you too…. sukses yaaa

  35. ouuwww… tentu saja dibagikan berkatNya…. GBU juga

  36. minta izin pake naskahnya ya,
    thanks, Godbless :)

  37. kka drama a krend bngd.. aku copy yaa..???? Makacie. :)
    GBU :D

  38. makacieee juga……. sila di copy….. bagi bagi berkat… GBU all juga yaaaa

  39. saya ikut ngopi juga yaaahh :)

  40. yooiiiii sori telat bales, hehe

  41. trimakasihnaskahdramanyasangatmemberkati

  42. kka, aku ijin untuk ngopi naskahnya ya… untuk kegiatan sekolah….

  43. terimakasihjugasemogamenjadiberkat

  44. silahkan juga kakak, senang sekali bisa membantu

  45. aku pinjam ya :D
    GBU :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: